Lompat ke isi utama

Berita

"Saring Sebelum Sharing! Waspada Hoaks Pilkada 2024" Imbauan Bawaslu Kabupaten Madiun kepada Generasi Z

narsum literasi digital

Hendy Wicaksono kordiv PP dan Datin Bawaslu Kab Madiun, imbau generasi muda (Generasi Z) dapat meningkatkan kemampuan literasi digital dalam menangkal hoaks pilkada serentak 2024 [30/08/2024].

Pandangan politik Generasi Z agak berbeda dengan kelompok pemilih lainnya, terkadang dianggap buta politik, tak hanya itu generasi Z juga rentan terhadap issu-issu hoaks termasuk issu hoaks tentang pelaksanaan pilkada, karena itulah literasi digital sangat diperlukan sebagai benteng Generasi Z dari penyebaran informasi yang menyesatkan atau hoaks.

JTV Madiun menjelang pilkada serentak 2024 mengajak siswa siswi SMK Negeri 1 dan 2 Kecamatan Jiwan untuk ikut andil dalam kegiatan menangkal berita bohong (hoaks) khususnya pada pelaskanaan pilkada 2024. kegiatan ini dilaksanakan di SMK 2 Jiwan pada jum'at 30 Agustus 2024 dengan tema "Literasi Digital Tangkal HOAKS Jelang Pilkada 2024". 

Hendy Wicaksono sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut mengimbau kepada peserta didik untuk menyaring segala bentuk informasi sebelum sharing ke akun media sosial, Selain itu dikesempatan yang sama beliau memberi himbauan kepada masyarakat agar bijak dalam bermedia sosial.

“Tentunya di kesempatan saat ini Bawaslu memberikan poin-poin penting terkait dengan Pilkada 2024 terhadap pemilih pemula yakni ‘Saring Sebelum Sharing’, dimana teman –teman pemilih pemula khususnya teman –teman yang ada di sekolahan bisa menyaring sebelum sharing akun –akun atau berita yang berkembang di media sosial,” ungkap Hendy Wicaksono sebagaimana dikutip LingkarMadiun.com pada Jumat, 30 Agustus 2024. “Tentunya kami dari Bawaslu menghimbau kepada masyarakat umum agar bijak dalam bermedia sosial dan ‘Saring Sebelum Sharing’,” tambahnya.

Kegiatan ini diharapkan mampu membentuk generasi muda berpikir kritis terhadap informasi yang beredar dengan tetap menghargai perbedaan pandangan dan pilihan, karena keberagaman adalah sebagai aset dalam masyarakat di era digital yang dipenuhi dengan informasi.

Bawaslu Kabupaten Madiun