Lompat ke isi utama

Berita

Susun Laporan PHPU Sekaligus Persiapkan PHP Pilkada 2024

Susun Laporan PHPU Sekaligus Persiapkan PHP Pilkada 2024

Susun laporan akhir PHPU 2024 - Bawaslu Kota Malang

Malang [09/09/2024] - Ditengan padatnya tahapan pencalonan, Bawaslu Kabupaten Madiun hadiri rapat koordinasi penyusunan laporan akhir PHPU pemilihan umum 2024 di Kantor Bawaslu Kota Malang.

Pemilihan umum legislatif 2024 telah berlalu dengan diakhiri pada tahapan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang muaranya berakhir di Mahkamah Konstitusi (MK). Bawaslu Kabupaten Madiun membuat keterangan tertulis atas permohonan dari pasangan calon presiden dan wakil presiden serta atas beberapa permohonan peserta pemilu pada pemilihan DPR RI. 

Rapat koordinasi penyusunan laporan akhir PHPU ini dilaksanakan tidak hanya penyusunan laporan akhir, namun sekaligus sebagai pengigat dan juga mempersiapkan kemungkinan kemungkinan akan terjadinya perselisihan hasil pemilihan (PHP) pada pemilihan kepala daerah serentak / pilkada 2024. 

hal ini wajar dilaksanakan, mengigat setelah putusan MK terhadap permohonan PHPU langsung masuk pada tahapan pilkada 2024, sehingga kegiatan penyusunan laporan dilakukan di tengah tengah tahapan dengan memastikan apabila terdapat pengawasan didaerah harus terlebih dahulu diutamakan. 

Bawaslu Kabupaten Madiun